Search This Blog

Thursday, July 19, 2007

Norway, Negeri di Sudut Utara

Norwegia, negeri di ujung utara sana, dikenal sebagai negara dengan tingkat usia harapan hidup paling tinggi di dunia. Kaum sepuh bisa ditemui berada di jalan-jalan. Duduk-duduk, mencari hangatnya sinar matahari, sambil ngobrol dengan sesama.
Ke negeri yang elok ini, Mommy Uni Lubis awal Juni lalu melancong. Ia bersama sejumlah pemuka media dari seluruh penjuru dunia ikut dalam Konferensi Internasional Mengenai Dialog Antar-kultur. Acaranya cukup menarik. ‘’Pokoknya kalo sekarang diajak bicara soal perdamaian, dialog antarkebudayaan, nyambung,’’ kata Mommy.
Namun ada lainnya yang mengesankan. Yaitu keelokan pemandangan Norwegia. Negeri di sudut utara ini begitu menawan hati. ‘’Sungainya bersih. Jalannya rapih. Semua serba tertata,’’ katanya.
Kebangkitan Norwegia dimulai dari penambangan minyak bumi di Laut Brent, pada 1970-an. Penduduk sedikit, kekayaan alam melimpah, diimbangi dengan pemanfaatan hasilnya yang hati-hati. dalam edisi berikutnyaNorwegia pun menjadi negara yang sejahtera.
Cerita lain dari Norwegia akan disambung . Kami muatkan di sini sebagian foto-foto perjalanan, yang diambil dengan kamera Nokia N92.
Wass.




No comments: