Search This Blog

Thursday, September 02, 2010

Mobil Terbakar di Cawang


Jalan tersendat akibat mobil terbakar.

PADA Kamis 2 September 2010 ini, saya melintasi daerah Cawang, Jakarta Timur. Saya melaju dari arah pertigaan Kalimalang ke Cililitan. Setiba di terowongan yang di atasnya adalah jalan tol, lalu lintas tersendat. Macet.
Ternyata sekitar 300 meter di depan ada mobil sedan yang terbakar. Saya segera mempercepat laju kendaraan, dan mengambil kamera. Jeprat-jepret. Saya mendapatkan gambar tatkala api masih membubung tinggi.
Tak lama kemudian dating petugas pemadam kebakaran. Hanya dalam tempo lima menit, api itu padam diguyur air. Tinggallah mobil sedan itu teronggok dalam bentuk arang, menyisakan asap putih.
Kata pak polisi yang bertugas, mobil yang terbakar itu berasal dari tipe Corolla DX. Berarti umurnya sekitar 30 tahun. ‘’Begitu terbakar, pengemudinya terus turun. Orang rame-rame membantu mendorongnya.’’
Mobil terbakar biasanya karena kortsleting listrik. Saya pernah mengalami, sekitar 15 tahun lalu, sewaktu membawa mobil VW Beetle, dari tempat tinggal Mommy Uni Lubis (ketika itu) di Rawamangun, ke rumah di Pekayon. Saya tidak tahu bahwa aki mobil VW terletak di bawah jok belakang. Dan saya juga tidak tahu, bagian bawah jok VW itu dari pegas logam.
Ketika berjalan sampai Kalimalang, tiba-tiba terasa percikan api. Saya melihat ke bawah, terlihat kabel-kabel sudah terbakar. Segera mobil didorong ke pinggir. Beruntung waktu itu ada penjual air minum kelapa yang segera menyiramkan air di ember ke dalam mobil. Selamatlah mobil VW itu.
Di Jl. HR Rasuna Said, Jakarta, April lalu juga ada mobil terbakar. Akibat kortslet juga. Saudara saya, kami memanggilnya sebagai Mas Suroto, pernah menghadapi kasus: mobil depan rumahnya terbakar. Bersyukur, Mas Suroto punya tabung pemadam api. Alhamdulillah, dalam waktu singkat mobil itu bisa diselamatkan.
Memang, tak ada salahnya bila pengecekan kabel-kabel mobil dilakukan dengan rutin, untuk mengetahui ada yang mengelupas atau tidak.







2 comments:

torik said...

wah serem juga yah!

atikhw said...

duh, ngeriii...mobil kita yg skrg ga ada fire extinguishernya...dulu selalu ada, nah yg di Rio ini ga ada. pdhl kalau kejadiannya cepet gitu...hiii...ngeri,anak2 kan semua diikat dicarseatnya....